Senin, 09 Juli 2012

7 MUSISI ROCK MENINGGAL PADA USIA 27

7 musisi berikut meninggal  pada usia 27 tahun, meskipun penyebab kematian beberapa diantara mereka masih menjadi misteri sampai sekarang, tapi mereka dikenal sangat dekat dengan narkoba dan alkohol.

1. BRIAN JONES (1942 - 1969) - Rolling Stones


Salah satu pendiri Rolling Stones ini lahir di Cheltenham, Gloucestershire, Inggris pada tanggal 28 Februari 1942. Jones menderita asma sejak kecil dan sering dirawat dirumah sakit. Dia juga tidak menyelesaikan sekolahnya dan sering diskors karena sering melanggar peraturan.

Jones kemudian pindah ke London, dan akhirnya bertemu dengan Mick Jagger (vokalis) dan Keith Richard (gitaris) yang kemudian membentuk Rolling Stones. Jagger dan Richard yang menjadi pusat perhatian saat dipanggung perlahan mulai membuat Jones merasa terasing. Jones mulai menggunakan narkoba dan minum alkohol. Puncaknya pada tahun 1967, ia ditangkap karena kepemilikan narkoba. Perilaku Jones semakin tidak menentu dan kecanduannya terhadap narkoba semakin menjadi-jadi, membuatnya kembali ditangkap pada tahun 1968 atas kepemilikan ganja.


Semakin hari Jones makin terpuruk, dia tidak bisa bermusik bahkan meniup sebuah harmonika saja membuat mulutnya berdarah. Pada tahun 1969, The Rolling Stones bersiap-siap melakukan tur Amerika Serikat, tapi karena kasus hukumnya, Jones tidak bisa mendapatkan visa. Akhirnya tur tetap dilakukan tanpa kehadiran Jones.
Sekitar tengah malam pada tanggal 3 Juli 1969 Jones ditemukan oleh kekasihnya - Anna Wohlin - tenggelam di sebuah kolam renang di tempat tinggalnay di East Sussex, Inggris. Diduga Jones mati karena dibunuh, akan tetapi hasil otopsi mengungkapkan terjadi kerusakan yang sangat parah pada hati dan jantungnya akibat penyalahgunaan narkoba dan alkohol. 

2. JIMI HENDRIX (1942 - 1970)

Hendrix lahir di  Seattle, Washington pada tanggal 27 November 1942. Ia dianggap sebagai pemain gitar listrik paling berpengaruh dalam sejarah musik rock. Berbagai penghargaan bergengsi diterimanya selama masa hidupnya dan setelah kematiannya.

Kehidupan masa kecil Hendrix tidak stabil, kedua orangtuanya bercerai, sering berpindah-pindah dan hidup dalam kemiskinan. Tidak lulus SMA dan masuk militer pada tahun 1961 tapi kemudian diberhentikan . Kemudian Hendrix mencoba hidup sebagai musisi. Ia menerima gitar akustik pertamanya saat berusia 15 tahun.

Hendrix dikenal sangat dekat dengan narkoba dan alkohol. Menurut kesaksian beberapa mantan kekasihnya, pada saat mabuk Hendrix sangat pemarah dan sering melakukan kekerasan fisik. Kelakuan Hendrix juga sangat aneh, pada tahun 1970, tidak lama setelah membuka sebuah studio rekaman di New York, ia melakukan tur di Eropa dengan setengah hati. Pada suatu waktu Hendrix meninggalkan panggung setelah hanya menyanyikan dua buah lagu.

Hendrix terakhir kali tampil  pada tanggal 6 September 1970 dan 12 hari kemudian tepatnya tanggal 18 September 1970 ia ditemukan tewas di sebuah hotel. Ada banyak kontroversi seputar kematian Hendrix. Sebagia menduga Hendrix dibunuh oleh manajernya. Sebuah pernyataan lain mengatakan hendrix tewas bunuh diri. Tetapi menurut dokter Hendrix tewas karena tersedak muntahnya sendiri, saluran pernapasannya juga dipenuhi oleh anggur merah.

3. JANIS JOPLIN (1943 - 1970) - Big Brother and Holding Company

Lahir 19 Januari 1943 di Port Arthur, Texas. Janis adalah dalah vokalis band rock Big Brother and Holding Company selama dua tahun kemudian pada tahun 1969 dia memutuskn untuk bersolo karir. Pada tahun 2008 majalah Rolling Stone memberikan peringkat 28 dari 100 penyanyi terbaik sepanjang masa.

Janis berteman dengan berandalan, di Sekolah dia hampir tidak memiliki teman disekolahnya, dia seorang anak pemalu yang senang membaca dan menulis, selain itu ia memiliki kelebihanberat badan dan memiliki kulit sensitif sehingga sering dipermainkan oleh teman-temannya dan dipanggil dengan kata-kata yang tidak sopan.

Sepanjang hiupnya dan karir bernyanyinya Janis adalah seorang pemberontak. Dia seorang pecandu heroin dan juga pecandu berat alkohol. Pada tahun 1970 Janis melakukan rekaman album Pearl, salah satu album terlaris sepanjang masa. Pada saat itu pula ia bertinangan dengan kekasihnya Seth Morgan.
Akan tetapi Janis tidak pernah sempat menikah dengan kekasinya itu, karena pada tahun 1970 Janis ditemukan tewas di lantai kamar sebuah motel karena overdosis herion.

4. ALAN WILSON (1943 - 1970)
Lahir di Boston pada tanggal 4 Juli 1943, Alan Wilson adalah seorang musisi berbakat yang buta, ia dijuluki Owl Blind. Wilson adalah musisi besar. John Lee Hooker bahkan menyebutnya pemain harmonika terbaik yang pernah ada. Semua bakat musiknya digabungkan dalam sebuah lagu berjudul On The Road. Dalam lagu itu Wilson memainkan tamboura, harmonika, vokal dan gitar, yang direkam secara terpisah.

Tahun 1965 Wilson membentuk band Canned Heat, tetapi hanya bertahan 3 bulan kemudian bubar. Kemudian bergabung kembali an merilis album pada tahun 1967. Mereka malakukan tur pertama mereka tanpa Wilson yang ditangkap karena kepemilikan ganja. Wilson sering mengalami masalah yag membuatnya beberapa kali mencoba bunuh diri. Bahkan ia pernah menjalanani terapi kajiwaan.

Pada 3 September 1970, Wilson ditemukan tewas di sebuah lereng bukit dibelakang rumah temannya. Dia meninggal karena overdosis obat tidur.


5. JIM MORISSON (1943 - 1971) - The Doors

Jim Morisson lahir di Melbourne, Florida AS tanggal 8 Desember 1943. Pada tahun 2008 menurut majalah Rolling Stone, Jim menduduki peringkat 47 dari 100 penyanyi terbaik sepanjang masa. Jim adalah vokalis dan pengarang lagu band rock The Doors. The Doors dibentuk pada tahun 1965 (saat Jim berusia sekitar 22 tahun) dan dua tahun kemudian mereka mencapai puncak popularitas dengan lagu "Light My Fire". Jim sebagai vokalis dianggap salah satu tokoh karismatik dalam sejarah musik rock. Selain penulis lagu Jim juga menulis puisi, dan pernah menerbitkan dua buku puisinya pada tahun 1969.

Jim adalah vokalis yang kontroversial. Salah satu kontroversi terbesar yang pernah dilakukan adalah pada tanggal 1 Maret 1969 saat tampil di Dinner Key Auditorium, Miami. Jim sengaja menunjukkan biagian tubuhnya yang vulgar. 

Kehidupan yang glamour membuat Jim dekat dengan penyalahgunaan narkoba dan alkohol. Dia tidak memiliki hubungan yang baik dengan keluarganya dan tinggal bersama kekasihnya Pamela Courson.
Pada tahun 1971, atas dorongan kekasihnya Jim pindah ke Paris dan empat bulan kemudian tepatnya 3 Juli 1971 Jim ditemukan tewas di bak mandi. Karena tidak dilakukan otopsi atas jenazahnya, penyebab kematiannya masih simpang siur sampai sekarang beberapa mengatakan kalau Jim meninggal karena serangan jantung tapi sebagian besar orang meyakini Jim meninggal karena overdosis heroin. Tiga tahun kemudian kekasihnya, Pamela Courson ditemukan tewas karena overdosis heroin.


6. GARY THAIN (1948 - 1975) - Uriah Heep


Lahir di Christchurch, Selandia Baru pada tanggal 15 Mei 1948. Sebagai seorang pemain band Thain pindah dari Selandia Baru ke London dan kemudian bergabung dengan band rock Inggris Uriah Heep sebagai pemain bass. Dalam kurun waktu 3 tahun, Thain melakukan lebih dari 140 pertunjukan diseluruh dunia. Selama itu pula Thain pernah menikan dan bercerai dua kali serta sempat memiliki seorang putri.

Pada bulan September 1974, saat sedang tur di Dallas, Texas, Thain tersengat listrik saat bermain diatas panggung. Karena kecanduan berat terhadap obat-obatan, Thain tidak pernah sepenuhnya pulih dari efek sengatan listrik itu. 3 bulan setelah peristiwa itu Thain meninggalkan bandnya Urian Heep.

Setelah meninggalkan band Thain terus berjuang melawan kecanduannya terhadap narkoba dan memulihkan kesehatannya. Akan tetapi sayang, pada bulan Desember 1975, Thain ditemukan tewas di rumahnya karena overdosis heroin.

7. KURT COBAIN (1967 - 1994) - Nirvana

Kurt Cobain lahir di Aberdeen Washington tanggal 20 februari 1967. Berasal dari keluarga yang tidak harmonis membuat Kurt menjadi anak brandalan. Sepanjang hidupnya Cobain terus berjuang dengan masalah fisik dan mentalnya. Dia memiliki bronkitis kronis dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Pada tahun 1985, saat berusia 18 tahun, Cobain membentuk Nirvana, dan merilis album pertamanya tahun 1991, Nevermind. Sukses dengan lagu Smells Like Teen Spirit membuat Nirvana sukses melahirkan genre sub-rock alternatif yang disebut grunge. Kurt pertma kali mengenal narkoba pada usia 13 tahun dan mulai kecandua heroin pada tahun 1990.

Pada tahun 1994, istrinya, Courtney Love memasukkan Kurt ke pusat rehabilitasi tapi Kurt kemudian kabur, yang membuat istrinya menyewa detektif untuk menemukannya. Pada tanggal 7 April 1994 tersebar rumor bahwa Nirvana akan bubar.
Tragisnya pada tanggal 8 April di Seattle, Washington, Kurt ditemukan tewas, disampingnya ditemukan pistol dan heroin. Kurt diperkirakan meninggal 3 hari sebelumnya, yaitu pada tanggal 5 April 1994. Sampai sekarang kematian Kurt Cobain masih menjadi misteri antara bunuh diri, dibunuh dan karena overdosis.

Cerita tragis tewasnya ketujuh musisi rock ini bisa menjadi pelajaran dan peringatan buat kita semua. Sebagian mereka tewas saat berada di puncak karir dan popularitas mereka. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar